Minggu, 27 Mei 2012

RELASI AGAMA DAN KEBUDAYAAN MASYARAKAT BANTEN


Hubungan antara Agama dan Kebudayaan pada masyarakat Banten sangatlah erat, karena agama dan budaya dalam masyarakat Banten sangat di junjung tinggi kehormatannya. Agama di Banten juga beragam sesuai dengan kebudayaannya yang beragam pula. Beberapa ragam Agama yang memiliki Hubungan dengan Kebudayaan, ialah :

Itulah beberapa macam agama yang sempat ada di Banten dan mewarnai keragaman agama di Banten maupun Indonesia. Setelah sedikit mengupas masalah agama di Banten saya akan sedikit mengupas juga masalah budaya atau kebudayaan di masyarakat Banten yang akhirnya akan menunjukkan dimana Relasi Agama dan Kebudayaan pada masyarakat Banten itu sendiri.
Sebagian besar anggota masyarakat memeluk agama Islam dengan semangat religius yang tinggi, tetapi pemeluk agama lain dapat hidup berdampingan dengan damai. Potensi dan kekhasan budaya masyarakat Banten, antara lain seni bela diri Pencak silat, Debus, Rudad, Umbruk, Tari Saman, Tari Topeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung, dan Lojor. Di samping itu juga terdapat peninggalan warisan leluhur antara lain Masjid Agung Banten Lama, Makam Keramat Panjang, dan masih banyak peninggalan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar