Jumat, 30 Desember 2011

kelompok1


Hotel saleh
Dasar- dasar manajemen
(observasi kepemilikan bisnis)


Kelompok

Fuadina islamy
Utami kusuma Putri
Fitriyani
Elsa maria


Tujuan Project

Mengetahui kepemilikan bisnis hotel Saleh dan mengetahui segala aspek yang ada di hotel tersebut mulai dari sejarah hotel, ruang lingkup, strategi bisnis, hingga struktur organisasinya.

Batasan

Kepemilikan bisnis  serta faktor internal dan eksternal  Hotel Saleh

Pendekatan Strategi


1.    Elsa maria            :    bagian perlengkapan
2.    Fitriyani                 :    Bendahara
3.    Fuadina islamy   :    penganggung jawab dan dokumenter
4.    Utami kusuma P :    Sekertaris

Asumsi


Alasan memilih hotel saleh Karena letak hotel tersebutstrategis dan mudah dijangkau dari UNJ sehingga memudahkan kelompok kami untuk melakukan observasi. Dalam observasi ini, kami ingin mengetahui sistem manajemen yang diterapkan pihak hotel dengan letak hotelnya yang strategis. Sebelum melakukan wawancara, kami membuat janji terlebih dahulu dengan pihak front office hotel Saleh via telepon. Setelah pihak hotel sepakat dengan jadwal wawancara, kami membuat daftar pertanyaan dan mengadakan latihan sebelum wawancara. Kenyataannya ketika kami membuat janji dengan manajer tersebut, mereka sangat welcome dengan kehadirankami.

Sejarah hotel

Hotel iniberdiripadatahun 1989.Awalberdirinya, hanyatampakatauterlihatsepertitempatkostdanhanyasatulantai.Pembangunan hotel inidilakukansecarabertahaphinggasepertisekarangini hotel inisudahberdiri 3 lantai.Di lihatdaripembangunanatauberdirinya, hotel inimerupakan hotel tertua di kawasanUtanKayu, Jakarta Timur.Pendirian hotel inidilakukanolehkeluargasehinggamerupakan hotel milikkeluarga.

RuangLingkup Usaha

Hotel inimemilikicabang di daerah:
-       RadenSaleh       : saatinisedang di renovasi (peremajaanhotel) terletak di
                                    dekatrumahsakitCikini. Dan jumlahkamarada 70 kamar.
-       Kali Pasir            : memilikijumlah 20 kamar

-       Puncak                : memilikijumlah 20 kamar

-       Salemba Indah  : memilikijumlah 20 kamar

Fasilitas

1.     TempatParkir
2.     Restaurant
3.     Laundry

Fan :Rp 85.000
Fan/ Tv: Rp 105.000
Ac/ Tv:Rp 155.000
Ac/ Tv/ Twinbed :Rp 175.000

Keterangankamar :
 - hitungankamar full pakaiselama 24 jam
-  hargakamarbaiksaatramaimaupunsepitetap

Transportasi

Letak hotel inistrategis, yang manajikainginberpergiankeluarlebihmudahkarenaposisinya di laluikendaraanumum.
·         Metromini 46 (pulogadung – kampung melayu)
·         Metromini 49 (pulogadung – manggarai )


StrategiBisnis

1.      Besosialisasidanlebihmeningkatkanpelayanan
2.      Lebihmengutamakankeakraban (keramah-tamahan) denganmemperhatikankeamanandankenyamananmelaluipeningkatankualitasdanpengontrolanfasilitas yang ada
3.      Menerapkankonsepsaptapesona , halinisesuaidengan motto hotel  tersebutyaitu “ senyummuadalahtipsmu”
4.      Menyebarkartunamakepihak-pihaktertentu
Karyawannyaterdiridari:
·        House Keeping 5 karyawan
·        Room Service 3 karyawan
·        Receptionist 2 karyawan
·        Security 3 karyawan
Alamat hotel saleh:
Jl. UtanKayu No. 56
UtanKayu Utara
 Jakarta Timur 13120

Materi

            Mereka memakai usaha Perusahaan Pereorangan ( sole proprietors)Karena pendiri hotel ini hanya satu orang saja dan sistem menejemennya dikelola oleh keluarga.
Keuntungan
  1. Kemudahan dalam pendirian
  2. Pengendalian usaha
  3. Keluwesan (fleksibilitas)
  4. Balas jasa langsung
  5. Penghematan dalam pajak
  6. Kerahasiaan
  7. Kemudahan untuk penghentian usaha
Kelemahan
  1. Kewajiban tidak terbatas
  2. Terbatasnya umur
  3. Terbatasnya sumber daya
  4. Kurangnya keterampilan manajemen khusus

Penutup

Kelemahan hotel Saleh:

·           Tata ruang hotel kurang rapi dan kebersihan hotelnya tidak terjaga.
·           Fasilitas kurang lengkap
·           Sedikit orang yang tahu mengenai hotel tersebut.Hal ini dikarenakan kurang beragamnya media promosi

Saran:

Dari segi ruangan, Sebaiknya tata ruang di dalam hotel harus diubahmelalui penambahan  fasilitas serta sarana dan prasarana yang penunjang hotel tersebut.

Kesan-kesan ketika observasi :

·           Ketika kami kesana, kami agak menunggu lama ketika ingin wawancara dengan pihak manajer.
·           Kami jadi tahu pentingnya menerapkan sapta pesona seperti yang diterapkan hotel saleh akan pentingnya keramah-tamahan.
·           Kami menjadi tahu perbedaan tingkatan-tingkatan hotel mulai dari hotel bintang satu sampai hotel bintang lima

Rincian Biaya


Hari 1 (Rabu, 28 September 2011) :
Transportasi (PP) @  Rp 4.000                  : Rp 16.000
Makan Siang @ Rp 10.000                        :Rp 40.000
HVS dan folio bergaris                               : Rp 3.000

Hari 2 (Kamis, 29 September 2011) :
Transportasi (PP) @ Rp 4.000                   :Rp 16.000
Makan Siang @ Rp 10.000                        : Rp 40.000

Penyusunan Makalah :
Mencetak makalah                                      : Rp 15.000
Jilid makalah                                                : Rp   3.000
                                                                                                      +
Total                                                               : Rp 113.000


Daftar pustaka


Puspopranoto,sawaldjo. 2005. Manajemen Bisnis. Penerbit PPM, Jakarta.
Sulastiyono,agus. 1999. Manajemen penyelenggara hotel. ALFABETA, Bandung.



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar