Jumat, 30 Desember 2011

FD4


Pengantar pariwisata
Konsep dasar pariwisata

Konsep dan definisi pariwisata =>Sifatnya dinamis

Ada 3 elemen yang menjadi komponen utama

a.    Wisatawan ( sebagai aktor )
b.    Elemen geografi :
 - daerah asal wisatawan => seseorang mencari informasi tentang objek dan daya tarik wisata yang diminati, membuat pemesanan dan berangkat menuju daerah tersebut.
- daerah transit => tidak semua wisata harus berhenti di daerah tersebut. Namun wisatawan pasti akan melalui daerah tersebut sehungga mempunyai peranan penting. Singapura dan hong kong berupaya menjadikandaerahnya multifungsi.
- daerah tujuan wisata => daerah ini dijadikan ujung tombak pariwisata. Dampak pariwisata sangat dirasakan sehingga dibutuhkan perencanaan dan strategi manajemen yang tepat.
c.   industri pariwisata ; menyediakan jasa, daya tarik, dan sarana wisata.

UURI nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan dijelaskan

1.     Wisata adalah kegiatan perjalanan yang bertujuan untuk reflexing bersifat sementara.
2.    Wisatawan , orag yang elakukan wisata.
3.    Pariwisata, berbagai macam wisata yang didukung oleh fasilitas.
4.    Kepariwisataan adalah keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multidisiplin yang muncul sebagai wujud setiap orang dan negara serta interaksi antara wisatawan.
5.    Usaha pariwisata, usaha yang saling terkait dalam rangka menghasilkan barang atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dan penyelenggaraan pariwisata
6.    Pengusaha pariwisata, orang atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan usaha pariwisata.
7.    Industri pariwisata, kumpulan usaha pariwisata yang saling terkait dalam rangka menghasilkan barang atau jasa.
Unsur unsur penting dalam kepariwisataan
1.     Jenis aktivitas yang dilakukan dan tujuan kunjungan
2.    Lokasi kegiatan wisata
3.    Lama tinggal di daerah tujuan wisata
4.    Fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh usaha pariwisata.

Tujuan kunjungan wisata
1.     Leisure dan recreation ( vakansi dan rekreasi ) => unntuk bersenang-senang. Ia bisa melakukan perjalanan kemanapun yang ia mau dan cenderung menyebar keseluruh dunia selama daerah tujuan wisata memiliki keunkan dan sesuatu yang dalam memenuhi kebutuhan wisata. Tema perjalanan bisa beragam yaitu; alam, budaya , olahraga, dan kesehatan.
2.    Business and professional=>  rapat, misi, perjalanan insentif, dan bisnis. Perjalanan tidak untuk mencari nafkah tetapi berdampak pada pekerjaannya.  Kegiatan utama berkaitan dengan konsultasi, konvensi, dan inspeksi. Pilihan wisatanya berstruktur dan cenderung terpusat pada kota-kota besar.
3.    Other tourism purposes => belajar, pemulihan kesehatan, transit, dan berbagai tujuan lain.kegatan yang dilakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Glosary ;
Ekskursionis :pengunjung yang tinggal sehari di negarayang dikunjungi.

Keunikan industri pariwsata

sifat dan ciri pariwisata

a.    Perpaduan sifat fana ( intangible ) [ sesuatu yang tidak berbentuk da tidak dapat dibawa untuk dtunjukan ke orang lain dan hanya bisa dinikmati saja contoh: pemandangan
Lalu  sifat berwujud (tangible ) [ bisa dirasakan ] contoh : bangku, kursi

b.    Sifat tak terpisahkan ( inseperable ) => interaksi antara wisatawan sebagai pengguna jasa dan tuan rumah sebagai penyedia jasa.  Antara tamu dan pelayan . antara pengunjung dan pemandu wisata.
c.    Keatsirian  ( volatility ) => pelayanan yang diberi oleh penyedia jasa dipengaruh banyak faktor. Seperti ; pribadi, sos-bud, pengetahuan dan pengalaman. Ada faktor eks/in ternal yang mempengaruhi.

d.    Keragaman =>  setiap wisatawan memiliki perefensi terhadap apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Ia memiliki pengharapan yang bergam sehigga penyedia jasa perlu memahami latar belakang kebutuhan dan keinginan wisatawan.

e.     Sifat rapuh ( perishable ) -> jasa, sesuatu yang fana tetapi dapat memberikan pengalaman menyenangkan dan perasaan yang puas.

f.    Musiman ( seasonality ) => sifat yang unik dari kegiatan manusia yang dinamis. Kondisi ini menyebabkan pengusaha pariwisata harus terus menerus melakukan inovasi dan memunculkan ide kreatif.

g.    Tak bertuan ( no ownership) => wisatawan adalah pembeli. Namun tidak bisa memiliki apa yang telah ia bayar.  Contoh; ia membeli tiket psawat berhak menduduki kursi tetapi tidak bisa memiliki.

Ciri dari pariwisata
1.     Sarat dimensi manusia, mausia sebagai peran utama pariwisata. Ada yang bertindak sebagai pencetus ide perjalana, ada yang membeli, ada yang provokator dalam arti + . ada juga yang menilai. Ilah uniknya wisata.
2.   Pembedaan antara konsumen dan pelanggan, penyedia jasa mengupayakan beragam program agar tamu mendatang menjadi tamu setia.
3.  Partisipasi aktif konsumen. Keberadaan konsumen PENTING karena tingginya interaksi pengguna jasa dan penyedia jasa.

Usaha usaha pariwisata
Kegiatan bisnis yang berhubungan langsung dengan kegiatan wisata sehingga tanpa keberadaannya,periwisata tidak dapat berjalan dengan baik.
Fasilitas atau sarana wisata ( superstrukur )
A.  Daya tarik wisata, usaha yang mengelola daya tarik alam, budaya, dan wisata buatan/binaan manusia.
B.  Kawasan pariwisata, usaha yang membangun dan mengelola kawasan dengan luas tertentu untuk memenuhi kebutuhan pariwisata.
C.  Jasa tranportasiwisata, khusus menyediakan angkutan untuk kebutuhan pariwisata.\
D.  Jasa perjalanan wisata, usaha biro dan usaha agen perjalanan wisata. Meliputi jasa pelayanan dan penyelenggaraan pariwisata . seperti pemesanan tiket, pemesanan akomodasi serta pngurusan dokumen perjalanan.
E.  Jasa BnF, kafe, restoran, jasa boga, bar dan kedai minum.
F.  Penyediaan akomodasi, penginapan yang dapat dilengkapi dengan pelayanan pariwisata lain. Villa, hotel, pondok wisata, bumi perkemahan, persinggahan, karavan dan lain-lain.
G.  Penyelenggaraan kegatan hiburan dan rekreasi
H.  Usaha jasa impresariat
I.  MICE
J.  Jasa informasi pariwisata, usaha mengenai data, berita, feature, foto, dan vidio.
K.  Jasa konsultasi pariwisata, usaha yang menyediakan saan dan rekomendasi mengenai studi kelayakan, perencanaan, pengelola, penelitian, dan pemasaran di bidang pariwisata.
L.  Jasa pramuwisata, usaha yang menyediakan atau mengkoordinasikan tenaga pemandu wisata untuk kebutuhan wisatawan.
M. Wisata tirta, wisata olahraga air yang dikelola secara koersial. Pantai, sungai, danau, dan waduk.
Spa , usaha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar