Rabu, 30 Mei 2012

masyarakat sunda


Sebelum membahas masyarakat Sunda, saya akan menjelaskan tentang istilah Sunda dan Jawa Barat serta lingkungan atau demografi pada Sunda itu sendiri.
Istilah Sunda maupun  Jawa barat telah masuk di dalam hidup kita yang menunjukkan kepada pengertian kebudayaan, etnis, geografis, administrasi pemerintahan, dan sosial. Kedua istilah tersebut kadang-kadang menunjukan pengertian yang sama tetapi kadang kadang menunjukan pengertian yang berbeda pula atau malah kadang dicampur-adukan. Akibatnya , tercipta suasana yang si satu pihak meliputi keraguan tetapi disisi lain bisa menjadi ketakutan atau sebaliknya karena pertimbangan politis.
Menurut R.W. van Bemmelen (1949), sunda adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menamai dataran bagian baratlaut wilayah Indonesia Timur, sedangkan dataran tenggara dinamai sahul. Dataran sunda dikelilingi oleh sistem Gunung Sunda yang melingkar yang panjangnya 7000km.
Menurut data sejarah, sunda adalah wilayah di bagian Barat pulau dengan segala aktivitas kehidupan manusia di dalamnya, muncul untuk pertama kalinya abad ke-9M. Istilah tersebut ditemukan pada Kebon kopi, Bogor beraksara Jawa kuna dan berbahasa Melayu Kuna. Sunda didirikan oleh kerajaan Sunda yang tidak jelas kapan didirikannya.  Menurut sumber Sunda didirikan oleh Maharaja tarusbawa.
Istilah sunda sebagai nama kerajaan atau paling tidak sebagai nama wilayah atau tempat, tercatat pula dalam prasasti lain dan dalam  empat buah  naskah berbahasa sunda yang dibuat pada akhir  abad ke-15 atau ke 16 Masehi. Prasasti itu adalah prasasti sanghiyang tapak yang beraksa.  Prasasti Sanghiyang tapak dikeluarkan oleh Sri jayabhupati pada tahun 952 Saka atau 1030 masehi
Sesudah Kerajaan sunda runtuh, wilayahnya terbagi atas: Sumedanglarang, banten, Cirebon dan Galuh. Selanjutnya, bekas wilayah Kerajaan Sunda disebut Tanah Sunda atau Tatar Sunda atau Pasunda.
Orang Sunda adalah orang yang mengaku dan diakui oleh orang lain bahwa dia keturunan/mempunyai hubungan darah sunda. Orang Sunda biasanya disebut urang, gunung, wong gunung dan tiyang gunung, artinya orang gunung.
Sunda dipertalikan pula secara erat dengan pengertian kebudayaan. Bahwa ada yang dinamakan kebudayaan Sunda, yaitu kebudayaan yang hidup, tumbuh,dan berkembang di kalangan orang sunda yang pada umumnya berdomisili di tanah sunda.
Pengertian Jawa Barat hanya mengandung pengertian wilayah yang berkaitan dengan pembagian wilayah admininstrasi pemerintahan, secara historis pengertian Jawa Barat sama dengan Sunda. Namun sekarang, dengan telah terbentuknya Provinsi Banten, kiranya makna Jawa barat lama-kelamaan akan mengalami perubahan.
Lokasi
          Secara geografis, Jawa Barat mempunyai Luas 46.890 km persegi. Wilayah jawa Barat berbatasana denga wilayah Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur, Laut Jawa dan DKI Jakarta di sebelah Utara, provinsi banten disebelah Barat, dan samudra Hindia di sebelah Selatan. Sungai Cilosari dan Sungai Citaduy merupakan batas alam antara wilayah Provinsi Jawa Barat dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah.

1 komentar:

  1. Ada berapa suku kah yang tergolong pada masyarakat sunda itu sendiri???

    BalasHapus